Masa Kecil Kurang Bahagia

Masa Kecil Kurang Bahagia

Masa Kecil Kurang Bahagia – Apa Anda kerap dengarkan istilah ‘masa kecil kurang berbahagia’?  Istilah ini biasanya mengarah pada beberapa hal.

Tidak membahagiakan di saat masih beberapa anak atau trauma periode kecil. Orang-tua condong memikir jika trauma periode kecil tidak dikenang dan cuman berpengaruh di periode kanak-kanak.

Masa Kecil Kurang Bahagia Dapat Berdampak Hingga Dewasa

Yakin atau mungkin tidak, kenyataannya periode kecil kurang berbahagia otomatis bisa mempengaruhi kehidupan saat Anda menjadi orang dewasa!

Baca Juga: Cara Latih Kecerdasan Emosional

Apa Imbas Periode Masa Kecil Kurang Bahagia?

Trauma periode kecil bisa membuat Anda jadi tidak berbahagia ketika telah bergerak dewasa. Ada banyak imbas karena periode kecil kurang berbahagia atau trauma periode kecil yang dapat punya pengaruh ke kehidupan ketika telah dewasa.

Pertimbangan ‘seorang korban’

Saat beberapa anak, periode kecil kurang berbahagia dapat diwujudkan berbentuk jadi korban saat kecil. Pertimbangan ‘seorang korban’ saat beberapa anak dapat terus terikut sampai dewasa.

Pemikiran-pemikiran negatif itu dapat jatuhkan dan membuat Anda berasa tidak memiliki daya, terjebak, dan tidak mempunyai kontrol atas hidup Anda.

Di periode kecil, Anda kemungkinan berasa jika Anda tidak mempunyai opsi, tapi ketika telah dewasa, Anda berkekuatan untuk mengganti beberapa hal yang kemungkinan Anda berpikir tidak dapat Anda ganti atau kerjakan.

Jadi pasif

Kerap dengarkan keluh kesah dari orang sekeliling berkenaan kepasifan Anda? Bisa saja hal tersebut karena trauma periode kecil atau periode kecil kurang berbahagia yang telah dirasakan.

Saat kecil, Anda barangkali sempat ditinggal, diacuhkan atau dibuang oleh orang-tua. Trauma periode kecil itu dapat memunculkan rasa takut dan amarah. Kadang emosi itu justru dikubur dan membuat Anda jadi orang yang pasif.

Periode kecil kurang berbahagia itu justru membuat Anda tinggalkan diri Anda. Anda justru jadi tidak mau usaha untuk capai yang terbaik dan menghindar dan memendam emosi-emosi yang dirasakan.

Memendamkan figur diri yang sesungguhnya

Periode kecil kurang berbahagia sanggup membuat Anda tampilkan figur diri yang tidak sesungguhnya. Ini karena saat kecil, Anda usaha untuk jadikan diri Anda seperti harapan orang-tua supaya orang-tua dapat terima dan menyukai Anda.

Skema ini terikut sampai telah dewasa dan membuat Anda tampilkan figur diri yang tidak sesungguhnya yang cuman berperanan untuk memberikan kepuasan harapan orang di seputar Anda.

Anda memendam semua emosi dan jati diri Anda supaya bisa diterima dan disayangi oleh beberapa orang di seputar Anda.

Gestur pasif-agresif

Tumbuh di keluarga yang kerap mendesak emosi amarah bisa membuat Anda berasa jika amarah ialah satu emosi yang jangan dirasa dan perlu untuk dikubur.

Bukan hanya karena evaluasi dari orang-tua, Anda dapat yakini jika amarah ialah suatu hal yang keliru, kasar, dan tidak bisa diterima, bila Anda besar di keluarga yang ekspresikan amarah secara kurang sehat, seperti memukul secara fisik.

Saat telah dewasa kepercayaan itu membuat Anda mendesak rasa geram dan membuat amarah itu bertahan di dalam diri Anda. Selanjutnya hati geram itu dilukiskan lewat sikap pasif-agresif yang kurang sehat.

Sikap pasif-agresif bisa termanifestasi dalam bermacam-macam, seperti mengatakan jika Anda tidak geram tapi ketika yang serupa menampik untuk menolong orang yang sudah membuat Anda geram.

Langkah hilangkan trauma masa lampau

Anda tidak dapat hilangkan masa lalu periode kecil kurang berbahagia yang terjadi, tapi Anda dapat ‘berbaikan’ dengan trauma periode kecil Anda.

Ada banyak cara yang dapat dilaksanakan sebagai langkah hilangkan trauma masa lampau Anda. Jika Anda mempunyai periode kecil kurang berbahagia yang berpengaruh sampai dewasa, Anda bisa coba langkah hilangkan trauma masa lampau di bawah ini:

Fokuskan diri di masa kini

Cara pertama kali yang harus dilaksanakan dalam langkah hilangkan trauma masa lampau ialah mengetahui diri Anda yang lagi ada di periode sekarang dan bukan masa lampau. Pilih ruang yang tenang dan tanpa masalah saat sebelum mengawali.

Duduklah di bangku atau tempat tidur dengan sikap yang nyaman dengan mata yang tertutup. Sesudahnya, ambil napas yang dalam seringkali sekalian memfokuskan kesadaran Anda pada kesan di badan Anda.

Tegangkan dan lemaskan otot Anda, rasakan berat dari lengan Anda dan rasakan jika diri Anda tersambung dengan tanah atau lantai tempat kaki bertumpu. Imajinasikan jika ada uap energi yang terpusat dari tulang belakang Anda ke arah bawah tengah pokok bumi.

Ingat pengalaman periode kecil yang terjadi

Ingatlah kembali pengalaman periode kecil kurang berbahagia yang terjadi dan coba untuk ingat detil dari peristiwa itu dan imajinasikan diri Anda pada tempat dan waktu saat trauma periode kecil terjadi.

Rasakan dan analisis emosi dari trauma periode kecil

Cara khusus dari langkah hilangkan masa lampau dengan rasakan dan mengenali emosi yang ada saat Anda usaha ingat dan menempatkan diri waktu seperti kecil dahulu.

Saat Anda rasakan emosi tertentu yang naik-turun pada diri, masih bernapas secara dalam dan rasakan sensasi-sensasi di badan Anda. Eksplorasi, rasakan, dan lukiskan kesan fisik yang banyak muncul karena emosi yang dirasa.

Sesudahnya, analisis emosi yang dirasa lewat kesan fisik yang dirasakan, misalkan, penekanan di dada yang dirasa dapat karena emosi kuatir atau rasa panas di badan dapat disebabkan karena rasa geram.

Anda dapat cari tahu atau tuliskan bermacam jenis emosi saat sebelum mengawali langkah hilangkan masa lampau ini.

Terima dan rasakan emosi pengalaman dari periode kecil kurang berbahagia

Emosi yang dirasa bisa berasa kabur atau intensif dengan bermacam kesan fisik yang berbeda. Rasakan dan terima semua kesan fisik dan emosi yang banyak muncul pada diri Anda.

Sayangi diri Anda karena sudah rasakan dan terima emosi itu. Tidak boleh merintangi, menghindar, atau memendam emosi-emosi itu. Diamkan emosi itu mengucur bersama kesan fisik yang muncul.

Anda bisa bereaksi berbentuk tangisan, pekikan, atau kemauan untuk merusak beberapa barang. Anda dapat ekspresikan emosi-emosi itu secara sehat, dengan menangis atau memukul-mukul udara.

Definisikan emosi dan kesan yang dirasa

Sesudah rasakan, terima, dan mengindetifikasi emosi yang dirasa. Coba tanya diri Anda kenapa Anda rasakan emosi-emosi itu untuk ketahui sumber dari trauma periode kecil Anda.

Anda dapat menulis jurnal berkenaan emosi, daya ingat, dan sensasi-sensasi yang dirasa untuk dapat semakin pahami periode kecil kurang berbahagia yang dirasakan. Misalnya, Anda kemungkinan berasa geram karena sedih dengan orang-tua yang sudah tinggalkan Anda.

Bagi emosi yang dirasa

Bukan hanya menulis jurnal, Anda bisa juga mengulas apa yang Anda rasakan sama orang yang dipercayai. Tuliskan dan mengulas ialah satu langkah hilangkan trauma masa lampau yang dapat dilaksanakan.

Anda bisa juga tuliskan surat untuk orang yang sudah sakiti Anda. Tetapi, Anda tidak harus mengirim surat itu.

Bebaskan periode kecil kurang berbahagia

Cara paling akhir dari langkah hilangkan trauma masa lampau dengan melepas semua emosi dan cedera yang dirasakan karena periode kecil kurang berbahagia yang dirasakan.

Pikirkan energi dari trauma periode kecil yang ada pada diri tinggalkan Anda. Anda bisa juga lakukan satu ‘ritual’ untuk melepas trauma periode kecil yang dirasakan, seperti membakar atau buang beberapa benda yang mengingati Anda pada orang yang sudah sakiti Anda.

Periode kecil kurang berbahagia atau trauma periode kecil setiap orang berbeda dan memacu imbas yang berbeda juga. Saat lakukan beberapa langkah langkah hilangkan masa lampau untuk pertamanya kali, seharusnya Anda ditemani oleh psikiater atau psikolog.

Jika trauma periode kecil begitu intensif atau susah untuk ditangani dan memengaruhi kehidupan setiap hari, tak perlu malu dan sangsi untuk berkunjung psikiater atau psikolog.